Monday, 12 January 2015

Jenis, Macam, Contoh Wacana Bahasa Indonesia Lengkap

Jenis, Macam, Contoh Wacana Bahasa Indonesia Lengkap - Alhamdulillah pada kesempatan kali ini, Media Pendidikan akan berbagi ilmu pengetahuan yang berkenaan tentang Wacana. Adapun fokus pembahasan kita kali ini berjudul Jenis, Macam, Contoh Wacana Bahasa Indonesia Lengkap Untuk mengefesiankan waktu, kita simak saja langsung uraian berikut ini.

Pengertian Wacana Bahasa Indonesia

Wacana Bahasa Indonesia adalah  - Kata "wacana" paralel dengan kata bahasa Inggris "discourse". dari bahasa Latin "discursus" yang berarti 'kian kemari'. Selanjutnya diartikan (1) komunikasi pikiran dengan kata-kata, ekspresim secara ide dam gagasan-gagasan; percakapan, (2) komunikasi secara umum, terutama sebagai suatu objek studi, (3) risalat tulisan, disertasi formal, kuliah, ceramah, dan khotbah (Webster:1983:522). 

Wacana merupakan rekaman kebahasaan yang utuh tentang peristiwa komunikasi, baik lisan maupun tulisan.

Wacana bertalian denan tataran yang beruntun yang di ucapkan oleh seorang penutur kepada lawan tutur untuk menyampaikan pesan. Wacana dihasilkan oleh proses komunikasi yang berkesinambungan. Denan demikian, wacana itu ada karena tindakan tutur atau tindakan perbuatan berbahasa (speech act).

Jenis atau Macam-macam Wacana dalam Bahasa Indonesia

Jenis, Macam atau Bentuk-bentuk wacana bahasa Indoneisa, berdasarkan bentuk atau jenisnya, wacana dibedakan menjadi empat, baca juga Wujud Wacana. Adapun dari ke-empat bentuk wacana itu, diantaranya adalah Wacana narasi, deskripsi, eksposisi, argumentatif, dan persuasi. Berikut Penjelasan Lengkap dari masing-masing bentuk wacana tersebut:
  • Wacana Narasi
    Narasi adalah cerita yang didasarkan pada urut-urutan suatu kejadian atau peristiwa. Narasi dapat berbentuk narasi ekspositoris dan narasi imajinatif. Unsur-unsur penting dalam  sebuah narasi adalah kejadian, tokoh, konfik, alur/plot, serta latar yang terdiri atas latar waktu, tempat, dan suasana.
  • Wacana Deskripsi
    Deskripsi adalah karangan yang menggambarkan/suatu objek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulisnya. Untuk mencapai kesan yang sempurna bagi pembaca, penulis merinci objek dengan kesan, fakta, dan citraan. Dilihat dari sifat objeknya, deskripsi dibedakan atas 2 macam, yaitu deskripsi Imajinatif/Impresionis dan deskripsi faktual/ekspositoris.
  • Wacana Eksposisi
    Karangan eksposisi adalah karangan yang memaparkan atau menjelaskan secara terperinci (memaparkan) sesuatu dengan tujuan memberikan informasi dan memperluas pengetahuan kepada pembacanya. Karangan eksposisi biasanya digunakan pada karya-karya ilmiah seperti artikel ilmiah, makalah-makalah untuk seminar, simposium, atau penataran.Tahapan menulis karangan eksposisi, yaitu menentukan objek pengamatan, menentukan tujuan dan pola penyajian eksposisi, mengumpulkan data atau bahan, menyusun kerangka karangan, dan mengembangkan kerangka menjadi karangan.Pengembangan kerangka karangan berbentuk eksposisi dapat berpola penyajian urutan topik yang ada dan urutan klimaks dan antiklimaks.
  • Wacana Argumentasi
    Karangan  argumentasi ialah karangan yang berisi pendapat, sikap,  atau penilaian terhadap suatu hal yang disertai dengan alasan, bukti-bukti, dan pernyataan-pernyataan yang logis. Tujuan karangan argumentasi adalah berusaha meyakinkan pembaca akan kebenaran pendapat pengarang.Tahapan menulis karangan argumentasi, yaitu menentukan tema atau topik permasalahan, merumuskan tujuan penulisan, mengumpulkan data atau bahan berupa: bukti-bukti, fakta, atau pernyataan yang mendukung, menyusun kerangka karangan, dan mengembangkan kerangka menjadi karangan.Pengembangan kerangka karangan argumentasi dapat berpola sebab-akibat, akibat-sebab, atau pola pemecahan masalah.


Contoh Wacana Bahasa Indonesia

Adapun contoh dalam wacana bahasa indonesia, bisa kita ketahui bersama bahwasanya wacana merupakan wujud pemakaian bahasa yang dimana melampaui kalimat.

Demikianlah  pemaparan artikel yang berkaitan tentang Wacana dalam bahasa Indonesia, yangdimana tadi telah dijelaskan secara jelas mengenai Jenis-jenis atau macam-macam Bentuk wacana Bahasa Indonesia itu sendiri. Cukup sekian dan terima kasih, telah menyempatkan untuk menyimak ulasan yang berjudul Jenis, Macam, Contoh Wacana Bahasa Indonesia Lengkap, dan semoga saja pemaparan diatas bermanfaat untuk Anda.

__________________________________________________________________________

Situs Referensi:

  1. http://imtaq.com/jenis-jenis-wacana-dalam-bahasa-indonesia/


Jenis, Macam, Contoh Wacana Bahasa Indonesia Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Terbaru co id Corporation